Thursday 10 January 2019

Sinyal Radio Misterius Terdeteksi dari Luang Angkasa

Sinyal Radio Misterius Terdeteksi dari Luang Angkasa

Para astronom telah mengungkap detail sinyal misterius yang berasal dari galaksi yang jauh, diambil teleskop di Kanada. Tempat dan asal dari sinyal gelombang radio tersebut masih menjadi misteri.
Di antara 13 sinyal radio cepat, yang dikenal sebagai FRB adalah sinyal berulang yang sangat tidak biasa, berasal dari sumber yang sama sekitar 1,5 miliar tahun cahaya.


Peristiwa semacam itu hanya pernah dilaporkan satu kali sebelumnya, oleh teleskop "Mengetahui bahwa ada yang lain menunjukkan bahwa mungkin ada lebih banyak di luar sana. Dan dengan lebih banyak pengulang dan lebih banyak sumber yang tersedia untuk dipelajari, kita mungkin dapat memahami teka-teki kosmik ini, dari mana mereka berasal dan apa yang menyebabkannya," kata Ingrid Stairs, seorang astrofisika dari University of British Columbia (UBC).
Observatorium CHIME, yang terletak di Lembah Okanagan British Columbia, terdiri dari empat antena semi-silinder sepanjang 100 meter, yang memindai seluruh langit utara setiap hari.
Teleskop itu baru saja dibuat dan beroperasi tahun lalu, mendeteksi 13 dari radio itu meledak dengan segera, termasuk repeater. Penelitian ini sekarang telah dipublikasikan di jurnal Nature.
"Kami telah menemukan repeater kedua dan propertinya sangat mirip dengan repeater pertama, Ini memberi tahu kita lebih banyak tentang properti repeater sebagai populasi," kata Shriharsh Tendulkar dari McGill University, Kanada.
FRB adalah gelombang pendek dan terang dari gelombang radio, yang datang dari hampir separuh jagad raya.
Sejauh ini, para ilmuwan telah mendeteksi sekitar 60 sinyal radio cepat tunggal dan dua yang berulang. Mereka percaya mungkin ada sebanyak seribu FRB di langit setiap hari. Ada sejumlah teori tentang apa yang menyebabkannya.
Mereka termasuk bintang neutron dengan medan magnet yang sangat kuat yang berputar sangat cepat, dua bintang neutron bergabung bersama, dan di antara minoritas pengamat, beberapa bentuk pesawat ruang angkasa alien. [BBC]yang berbeda.

No comments:

Post a Comment

SPONSOR