Thursday 6 December 2018

Cara Bikin Website Sendiri Gratis Tanpa Ribet Cepat Ga Pake Lama


Kali ini saya akan coba membahas tutorial cara bikin website. Sebelum dilanjut, sebenarnya apa sih website itu?
Kata “website” diambil dari bahasa Inggris yang artinya adalah “situs web”. Website adalahhalaman web yang dapat diakses melalui jaringan internet. Umumnya halaman website berisikan sekumpulan informasi yang berupa tulisan (teks), gambar, dan video. Halaman website ditempatkan pada sebuah server web sehingga jangkauannya sangat luas. Asal mempunyai jaringan yang terkoneksi dengan internet, maka website bisa diakses diseluruh pelosok dunia.
Website dibuat mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Diantaranya website dibuat sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan jasa, sebagai media ekspresi pribadi ataupun kelompok, untuk berbagi ilmu pengetahuan, atau bahkan sebagai media kemunikasi dan saling bertukar informasi seperti situs web jejaring sosial, dan masih banyak lagi.
Agar sebuah website bisa tercipta, maka kita harus menyediakan beberapa penunjang untuk memenuhi kebutuhan dalam membangun website. Yang dimaksud sarana penunjang dalam membuat website adalah sebagai berikut :

1. Domain

Domain adalah nama alamat unik website yang digunakan untuk mengenali sebuah situs web. Banyak sekali macamnya domain yang dapat kita gunakan untuk pembuatan website. Seperti domain .com, .net, .org, dan sebagainya.

2. Hosting

Hosting adalah media penyimpanan seluruh file-file dan data-data yang tersimpan didalam website agar website bisa ditampilkan di internet. Jika dicontohkan kedalam Personal Computer (PC), hosting adalah sebuah Hardisk. Besarnya data yang mampu ditampung oleh Hosting adalah tergantung kapasitas (space) hardisk hosting yang kita miliki.

3. Bahasa Pemrograman

Website bisa tampil dengan sempurna berdasarkan rangkaian kode-kode yang telah disusun sesuai dengan bahasa pemrograman. Ketika website diakses itu berdasarkan bahasa pemrograman yang sudah diterjemahkan oleh media browser.

4. Desain Website

Agar tampilan website menarik dan mempunyai nilai keindahan serta terkesan profesional, maka desain website merupakan faktor utama yang harus kita perhatikan.

5. Publikasi Website

Jika tujuan utama membuat website adalah untuk dikunjungi orang lain, maka publikasi website adalah hal wajib yang harus kita lakukan. Umumnya membangun website agar dikenal masyarakat luas adalah seperti website sebagai media promosi produk, website tutorial, dan sebagainya.
Dari lima penunjang dalam membangun website diatas, terdapat dua penunjang penting yang harus rela mengeluarkan budget, yaitu domain dan hosting. Itu semua jika memang website yang kita buat adalah website serius serta ingin terkesan profesional.
Namun disarankan sebelum kita memutuskan untuk membuat website berbayar, alangkah baiknya kita belajar membuat website tanpa modal sepeserpun (gratis).
Seiring berkembangnya ilmu teknologi maka dalam membuat website saat ini sangat mudah. Tanpa mengetahui dan paham dengan ilmu bahasa pemrograman, kita akan mampu membuat website sendiri.

Cara Bikin Website Sendiri Gratis Tanpa Ribet Dijamin 5 Menit Selesai

Kenapa saya berani memberikan keputusan hanya membutuhkan waktu 5 menit saja? Memang membuat website sendiri itu sangatlah mudah.
Lalu apa yang sulit dalam membangun sebuah website?
Menurut saya yang membutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam membangun website adalah dalam hal mengelola website.
Cara bikin website sendiri yang kita butuhkan adalah domain, hosting, content management system (CMS), dan template (themes). Semua itu bisa kita dapatkan dan nikmati secara gratis.
Saya akan menggunakan domain dan fasilitas hosting dari idhostinger. Kemudian CMS (bahasa pemrograman) yang akan diterapkan adalah CMS WordPress. Desain website (template/themes) yang bisa kita gunakan adalah template default WordPress atau template-template gratis yang sudah banyak tersebar di internet.
Kenapa saya pilih idhostinger dan CMS WordPress? Jawabannya sangat singkat, karena keduanya sangat mudah digunakan dan cocok untuk pemula. Dengan  space hosting gratis dari idhostinger 2GB dan bandwith 100GB itu sudah lebih dari cukup untuk belajar membuat website.Tertarik? Tidak ada salahnya untuk mencoba, apalagi ini adalah gratis. Silakan pertama Anda buka website idhostinger dengan URL www.idhostinger.com.
Jika Anda tidak mau ribet harus daftar membuat akun di idhostinger, Anda bisa masuk menggunakan akun Facebook dan akun Google.Setelah berhasil login di idhostinger atau Anda masuk dengan integrasi akun Facebook atau akun Google, maka otomatis Anda akan masuk kehalaman cPanel idhostingercpanel.idhostinger.com.

No comments:

Post a Comment

SPONSOR