Tuesday 30 October 2018

Ada Persamaan Komponen Pesawat dan Mobil

Ada Persamaan Komponen Pesawat dan Mobil

Ramai pemberitaan kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 di Karawang, Jawa Barat. Proses evakuasi telah dilakukan untuk mencari korban dan puing pesawat.

Membahas soal puing pesawat, produsen pesawat terbang telah mengandalkan material ringan agar pesawat mudah mengudara terlepas pesawat bisa terbang karena ada dorongan dari mesin jet.

Material pesawat yang ringan dan kuat sama halnya dengan komponen kendaraan buatan manufaktur di dunia. Dalam pembuatan pesawat, kebutuhan akan material terbaik sangat diperhitungan seiring dengan berkembangnya desain dan teknologi pesawat terbang yang makin canggih.


Baik pesawat dan mobil itu sama-sama menggunakan komponen yang kuat dan tahan lama.

Pertama adalah material aluminium. Pada industri penerbangan komersial, aluminium digunakan hampir 80 persen dalam pembuatan pesawat. Material aluminium yang dimaksud lebih kuat dari aluminium yang biasa kita temui sehari-hari karena menggunakan campur khusus untuk meningkatkan daya tahannya. 

Pada mobil, bahan baku ini biasa digunakan untuk lingkar roda yang bisa kita sebut aluminium alloy wheel.

Kedua adalah titanium. Material ini diketahui memiliki kekuatan lebih tinggi dari aluminium. Bahan ini memiliki sifat antikorosi dan tahan panas. Umumnya pada mobil digunakan untuk pembuatan mesin, sementara insinyur kedirgantaraan memanfaatkan material ini juga untuk membuat mesin pesawat terbang.

Ketiga, yaitu material komposit yang sering digunakan untuk industri pesawat terbang. Pada pesawat banyak menggunakan jenis serat karbon hingga kevlar. Sementara pada industri otomotif, serta karbon yang sering digunakan untuk pembuatan bodi, kap mesin, dasbor dan bagian lainnya.
 
Namun, material komposit yang mahal harganya dari aluminium membuat produsen pesawat 'putar otak', begitu juga pelaku otomotif. Alhasil fakta di lapangan, material tersebut digunakan pada mobil-mobil tertentu dengan banderol relatif mahal, contohnya mobil berperforma untuk lintasan balap.

No comments:

Post a Comment

SPONSOR